Jangan Ragu Untuk Menuntut Ilmu

Kamis, 31 Mei 2012

CONTOH NASKAH PIDATO

Oleh: Wa Ode Irawati U.

Yang terhormat Bupati Muna, Bapak Dr. LM.  Baharuddin, M.kes beserta staf
Yang terhormat Camat Tongkuno, Bapak Abidin Onto, S.P
Yang terhormat para Kepala Desa se-Kecamatan Tongkuno
Yang terhormat tokoh-tokoh masyarakat
Serta seluruh warga masyarakat  Kecamatan Tongkuno yang berbahagia

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dan salam sejahtera bagi kita semua

     Puji syukur tak lupa kita panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan taufik-Nya jualah sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka sosialisasi kesehatan dengan tema “ Cintai Jantungmu Karena Hidupmu”.
Hadirin yang sama berbahagia
     Jantung yang besarnya hanya sekepalan tangan kita, ternyata mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan. Bahkan jantung yang besarnya hanya begitu, mampu menjadi titik tumpu peredaran darah dalam tubuh manusia. Pada saat satu kali berdenyut, setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah . Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung dan membawanya ke seluruh tubuh. Itulah cara kerja jantung yang setiap kali berdetak, menyediakan satu kesempatan untuk kita dapat merasakan indahnya kehidupan.
      Namun, terkadang kita tak menyadari kehadiran jantung. Bahkan terkadang kita melupakannya. Pernahkah di sela-sela kesibukan yang menjadi aktivitas harian kita, kita sejenak berpikir atau sekedar bertanya pada diri kita, gimana kabarnya jantungku hari ini? Apakah aku membuatnya lelah?. Mungkin atau bahkan hal itu tidak pernah terjadi. Sehingga banyak di anatara kita yang terk ena serangan jantung.
Hadirin yang sama berbahagia
      Serangan jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, baik karena lemak dan kolesterol, ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang banyak ditemui dalam obat-obat seperti Decolgen, dan nikotin.
   Belakangan ini juga sering ditemukan gagal jantung mendadak ketika seseorang sedang beraktivitas, seperti yang menyerang beberapa atlet-atlet sepak bola di tengah lapangan sepak bola[1]. Biasanya hal itu disebabkan oleh pemaksaan aktivitas jantung yang melebihi ambang batas, atau kurangnya pemanasan sebelum melakukan olah raga.
     Namun, ada juga makanan yang menjdi penyebab serangan jantung, terutama junk food. Para peneliti dari McMaster University, Kanada, menemukan hasil bahwa orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng, cemilan bergaram, dan daging memiliki risiko serangan jantung lebih dari 35 persen lebih besar dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi sedikit atau tidak mengkonsumsinya.
Hadirin yang sama berbahagia
      Tentunya kita juga harus tahu, bagaimana cara menanggulangi atau bahkan mengusahakan agar semua itu tidak terjadi. Salah satunya yaitu, dengan rajin memgkonsumsi air putih. Mungkin hal ini terbilang sangat sederhana, tapi begitulah hasil studi yang dilakukan para peneliti dari salah satu  Universitas di California. Riset tersebut mengemukakan orang yang minum minimal lima gelas air perhari lebih jarang meninggal dunia akibat serangan jantung dibandingkan yang minum air kurang dari dua gelas setiap harinya.Sebaliknya orang yang mengkonsumsi minuman selain air putih beresiko meninggal akibat serangan jantung dibandingkan yang minum lebih sedikit.
     Yang paling penting dalam manajemen kesehatan jantung adalah mencegah serangan jantung yang pertama, artinya upaya pencegahan sudah diupayakan saat individu yang beresiko tinggi belum mengalami gejala apa-apa. Caranya dengan terus mengupayakan kebiasaan hidup sehat serta kelola faktor resiko yang ada secara rutin dan tanpa mengenal bosan (misalnya minum obat darah tinggi, obat gula dan kolesterol setiap hari).
     Upaya pencegahan yang paling mudah, murah namun sangat efektif adalah rajin jalan kaki setiap hari. Caranya sederhana saja, walaupun agak konyol, selalu pilih naik tangga ketimbang lift, tetaplah berjalan walaupun sedang di escalator, parker mobil sedikit jauh dari pintu masuk kantor Anda, dll. Jalan kaki adalah sahabat jantung sehat.
Haddirin yang sama berbahagia
     Di akhir pidato ini, saya menghimbau kepada seluruh warga kecamatan Tongkuno, marilah menjaga jantung. Marilah setiap hari kita menyisihkan 15-20 detik dari sekian waktu yang kita miliki untuk sekedar menanyakan kabar jantung yang kita cintai ini. Sayangilah jantung anda demi anak-cucu anda. Dan cintailah jantung anda sebagaimana anda mencintai pasangan anda.  
Demikianlah pidato yang dapat saya bawakan pada kesempatan ini. Dan tak lupa, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat kecamatan Tongkunno yang telah ikhlas meluangkan waktunya untuk mendengarkan pidato saya ini.
     Akhir kata saya ucapkan  Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.





1 komentar: